how to make biodegradable plastic from corn starch

  2023-10-06 

  888

Plastik merupakan materi yang sering digunakan dalam berbagai industri karena kekuatan dan daya tahan yang tahan lama. Namun, penggunaan plastik yang berlebihan telah membawa dampak negatif terhadap lingkungan kita. Plastik konvensional terbuat dari bahan kimia sintetis seperti minyak bumi yang sulit terurai. Akibatnya, sampah plastik menumpuk di tumpukan sampah dan hampir 80% plastik yang digunakan di dunia menjadi sampah akhirnya berakhir di tempat pembuangan sampah atau laut. Untuk mengurangi dampak negatif ini, banyak peneliti dan ahli lingkungan mencari alternatif plastik yang ramah lingkungan dan mudah terurai, salah satunya adalah plastik biodegradable.

Plastik Biodegradable adalah jenis plastik yang bisa terurai secara alami dalam lingkungan yang memungkinkan mikroorganisme untuk memecah dan mendaur ulang bahan tersebut menjadi bahan yang tidak berbahaya. Salah satu bahan yang dapat digunakan dalam membuat plastik biodegradable adalah tepung jagung (corn starch).

Tepung jagung merupakan sumber daya alam yang berlimpah, terjangkau, dan dapat diperbaharui. Dalam pembuatan plastik biodegradable, tepung jagung digunakan sebagai bahan dasar atau polimer yang digunakan untuk membentuk struktur plastik. Berikut adalah proses pembuatan plastik biodegradable dari tepung jagung:

1. Persiapan Bahan Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu tepung jagung, air, minyak sayur (atau minyak kelapa), gliserin, dan cuka. Pastikan bahwa semua bahan yang digunakan bersifat ramah lingkungan dan mudah diperoleh.

2. Campur Bahan Campurkan 4-5 sendok makan tepung jagung dengan air. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung jagung yang tersisa. Kemudian, tambahkan 1 sendok makan minyak sayur dan 1 sendok makan gliserin ke dalam campuran tepung jagung. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna.

3. Pemanasan Panaskan campuran bahan di atas api sedang sambil terus diaduk secara perlahan. Terus aduk campuran hingga mendidih dan menjadi seperti bubur yang kental. Pastikan tidak ada gumpalan dalam campuran tersebut.

4. Pewangi dan Pewarna (Opsional) Jika diinginkan, tambahkan sedikit cuka untuk meningkatkan kekuatan dan elastisitas plastik. Tambahkan juga pewarna makanan jika Anda ingin memberikan warna pada plastik yang akan dibuat. Aduk campuran kembali hingga bahan-bahan tambahan tercampur rata.

5. Bentuk Plastik Setelah campuran mencapai konsistensi yang tepat, tuangkan campuran tersebut ke dalam cetakan plastik. Anda dapat menggunakan cetakan apa pun yang ingin Anda gunakan, seperti cetakan es atau cetakan plastik kecil. Pastikan untuk meratakan permukaan campuran dalam cetakan.

6. Pengeringan Biarkan campuran mengering dalam cetakan selama beberapa jam di suhu ruangan. Akan lebih baik jika Anda memberikan waktu tambahan untuk memastikan bahwa plastik telah benar-benar kering.

7. Pemisahan dan Penggunaan Setelah plastik benar-benar kering, lepaskan dari cetakan dengan hati-hati. Plastik biodegradable Anda siap digunakan! Plastik ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan yang tidak memerlukan ketahanan plastik konvensional seperti bungkus makanan sekali pakai, wadah makanan, dan peralatan makan sekali pakai.

Pembuatan plastik biodegradable dari tepung jagung adalah contoh bagaimana kita dapat menggunakan bahan alami yang mudah terurai untuk menggantikan plastik konvensional yang sulit terurai dan merusak lingkungan. Penggunaan plastik biodegradable seperti ini akan membantu mengurangi jumlah timbulan sampah plastik dan meningkatkan upaya kita untuk menjaga keberlanjutan lingkungan.

Keep in
touch
      Thank you very much for your interest in our company.
  Our task is to improve the level of service and product quality, and constantly meet the needs of customers is the goal we have been actively pursuing, which is our strategic priority to win long-term customer recognition.
If you have any questions, you can contact us according to the following contact information,we will reply to you in the shortest time, thank you.